Jumat, 05 Desember 2014

menghitungkan data dan penyebaran data



Tugas akhir  semester ganjil ajaran 2014/2015
sekolah smk ulumuddin 
Tentang menghitungkan data dan penyebaran data
YANG DISUSUN
O
L
E
H
MUCHLIS
Yang dikoordidirkan oleh
Mr.didiafrianda
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT3ajP94x9lJCvxNCRKzLwueU6nEyuYcWqzHBViPY998ayuAnoPLEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS)





Kompetensi Dasar (KD)           :
1.       Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram / plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin di konfirmasi
Indikator
Terampil menerapan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2.       Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram / plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasi

Indikator
Terampil  mengolah, menalar,  dan menyajikan data dalam bentuk tabel disrtibusi frekuensi secara kelompok.

Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu Dengan proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat terampil menerapkan pengetahuan dan mengolah serta menyajikan data dalam bentuk tabel daftar distribusi frekuensi secara kelompok dan individu dengan baik.


APLIKASI   STATISTIKA KE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pengumpulan, Pengolahan dan Penyajian Data



Kelas XII NKPI SMK Ulumuddin Kota Lhokseumawe terdiri atas 32 siswa.  Lakukan kegiatan Pengumpulan Data, Pengolahan Data dan Penyajian Data  dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi.
1.       Wawancarai dan catat data teman sekelasmu tentang tinggi badan dan berat badan mereka dalam tabel yang disediakan.






2.       Sajikan data dalam  bentuk tabel data sebagai berikut :
No
Nama Siswa
Tinggi Badan
(cm)
Badan Badan
(Kg)
1
Irsyadul  Ifkar
166

2
Junaidi
169

3
M. Arif Rizki
172

4
M. Faris Rifansyah
168

5
M. Hadzqi
165

6
M. Tri Sakti
169

7
Muammar
170

8
Muchlis
170

9
Muhammad  Afdhal
169

10
Muhammad Iqbal
158

11
Muhammad Roni
167

12
Muhammad Suhaimi
159

13
Muksalmina
163

14
Reza Rolianda
165

15
Rhoni Ismunandar
168

16
Sayuti
160

17
Syahrul Akbar
160

18
T. Agus Maulana
168

19
Zainuddin
166

20
M. Riski Maulidi
164

21
M. Boyhaky
155

22
Mico Abadi
159

23
Muchsalmina
161

24
Muhammad Fadel
161

25
Mukhsin
168

26
Musdar
165

27
Rahmat Fauzi
161

28
Reza Aulia
164

29
Riski Maulana
165

30
Shadrul Fuadi
170

31
Syamsil Mazhari
165

32
Syauqi Kamal
166








4.    Pegolahan Data yang kamu peroleh dengan langkah langkah
Langkah-langkahnya  Penyajian Tabel Distribusi Frekuensi adalah
a.         Tentukan Jangkauan/Range adalah selisih  nilai data tertinggi dengan dengan nilai data terendah.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRicZ5DY7XPzKd6ZVZplCm5YpogngWSO6M7uizI9Zw6dQp_sy8GRumus : J = (Xmax – Xmin) + 1
             J=(172-155) +1
             J=18
b.    Banyaknya Kelas/ Banyaknya Interval (k)
Rumus : K = 1 + 3,3 log n
             K=1+3,3 log 32
             K=1+3,3(1,5)
             K=5,95 dibulatkan menjadi 6
  Dimana n = banyaknya data
  Bulatkan ke nilai terdekat.
c.    Interval Kelas atau Panjang Kelas
Rumus : p =               
                         P =18/6
                         P =3
1.         Sajikan data dalam Tabel Distribusi Frekuensi
A.        Tabel Distribusi Frekuensi Tinggi Badan siswa Kelas XII NKPI SMK Ulumuddin
No
Interval
Turus
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)
F kom
Fi.Xi
1
2
3
4
5
6
155-157
158-160
161-163
164-166
167-169
170-172
1
1111
1111
11111111
1111111
1111
1
5
4
10
8
4
156
159
162
165
168
171
1
6
10
20
28
32
156
795
648
1650
1344
684


32
981
97
5277

2.         Dari datamu yang disajikan dan membandingkan dengan hasil kerja temanmu yang disajikan, kesimpulanmu adalah....
Berdasarkan data yang di imput berbeda sehingga hasil atau jumlah pun berbeda , adapun perumusan masalahnya merupakan tinggi badan dan berat badan , dan dari permasalahan tersebut telah dibagikan berdasarkan kelompok yang berbeda , sehingga hasil dan data atau pun input data yang telah diperoleh berbeda pula , namun penyesaiannya tetap lah sama
3.         Pengolahan data dan penyajian data dengan variabel kedua, Berat Badan Siswa dan Tinggi bandan siswa sebagai tugas perorangan.
4.         Selesaikan  penyajian tabel distribusi frekuensi dengan menghitung ukuran pemusatan data DAN UKURAN Penyebaran data dengan menggunakan aplikasi Exxel..





Ukuran Pemusatan Data
  1. Mean
Interval
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)
Fi.Xi
155
157
1
156
156
158
160
5
159
795
161
163
4
162
648
164
166
10
165
1650
167
169
8
168
1344
170
172
4
171
684

32
981
5277




 


=164,906 dibulatkan menjadi 165

  1. Median
No
Interval
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)
F kom
Fi.Xi
1
2
3
4
5
6
155-157
158-160
161-163
164-166
167-169
170-172
1
5
4
10
8
4
156
159
162
165
168
171
1
6
10
20
28
32
156
795
648
1650
1344
684

32
981
97
5277

Ketehaui
Tb        164-0,5 = 163,5
Fi         = 10     
fk         = 10
n          = 32



 



Penyelesaian
            K=6
            P=3
            Tb=164 – 0,5 =163,5


 
Data ke I              =16
                   =163,5+3
                   =163,5+3

                     =163,5+3
                     =163,5+
                    
                     =163,5+1,8
                    
                     =165,3 dibulatkan menjadi 165












  1. Modus
Interval
Frekuensi (fi)
155
157
1
158
160
5
161
163
4
164
166
10
167
169
8
170
172
4

32


     Penyelesaian

                                    TB=164 – 0,5 =163,5
                         P =3
                        D=10 – 4=6
                        D2= 10-8=2



 
                   


 
    
                            













 








                                           
                                          Dibulatkan menjadi 166



Menentukan ukuran penyebaran data
            Jangkauan
            R = XMax - XMin + 1   
                R =172-155+1
                R=18
           
   Simpangan Rata-Rata

RUMUS
    

Interval
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)
Fi.Xi
Іxi-І
Fi. Іxi-І
155
157
1
156
156
164.9063





8,91
8,91
158
160
5
159
795
159
795
161
163
4
162
648
162
648
164
166
10
165
1650
165
1650
167
169
8
168
1344
168
1344
170
172
4
171
684
171
684

32
981
5277


5112.09
 =  = 16.02






Simpangan baku
Interval
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)
Fi.Xi
 
 (xi-)
(xi-)2 
Fi. (xi-)2 


155
157
1
156
156
164.91





-8.91
79.32
79.32

158
160
5
159
795
-5.91
34.88
174.42

161
163
4
162
648
-2.91
8.45
33.79

164
166
10
165
1650
0.09
0.01
0.09

167
169
8
168
1344
3.09
9.57
76.57

170
172
4
171
684
6.09
37.13
148.54


32
981
5277



512.72



===4


    Jangkauan Semi Interkuartil

JSQ = 
Quartil (Q)











No
Interval
Frekuensi (fi)
F kom
1
155
157
1
1
2
158
160
5
6
3
161
163
4(q1)
10
4
164
166
10(q2)
20
5
167
169
8(q3)
28
6
170
172
4
32

32
97

Tp1 = 161 – 0,5 = 160,5
 n   = 32
FK = 6
fk1 = 4
p = 6

Tp2 = 164 – 0,5 = 163,5
 n   = 32
FK = 10
Fk2= 10
p = 6

Tp3= 167 – 0,5 = 166,5
 n   = 32
FK = 20
Fk3= 8
p = 6

Q1=TP1+=160,5+=160,5+(1,08)6=160,5+6,48=166,98
Q2=TP2++=163,5+(0,55)6=163,5+3,3=166,8
Q3=TP3+=166,5+(0,15)6=166,5+0,9=167,4
Jadi nilai Jangkauan Semi Interkuartil (JSQ)  = adalah
(JSQ) = (167,4166,98 ) = 0,42= 0,21
Jangkauan persentil
Jangkauan persentil p90 –p10
Persentil
Interval
Frekuensi (fi)
F kom
155
157
1
1
158
160
5
6
161
163
4
10
164
166
10
20
167
169
8
28
170
172
4
32

32
97

Letak desil pi =data ke
Letak desil p10 =data ke =3,2
Letak desil p90 =data ke =28,80
Tp10 = 161 – 0,5 = 160,5
 n   = 32
FK = 6
fk1 = 4
p = 6
Tp90 = 164 – 0,5 = 163,5
 n   = 32
FK = 10
Fk2= 10
p = 6

Pi = Tpi +
P10 = 160,5 +  = 160,5 – 6,5 =154
P90 = Tp90 + = 163,5+ 1,98=165,48
Jadi nilai Jangkauan Persentil = P90 – P10  adalah P = 165,48 – 154 =11,48

Nilai Standar (Z-Score)
Interval
Frekuensi (fi)
Titik tengah (Xi)


155
157
1
156

158
160
5
159

161
163
4
162

164
166
10
165

167
169
8
168

170
172
4
171


32
981


·         Untuk Xi = 156 (Interval Kelas 1)
 =  =  = - 2,25
Untuk niliai Z = - 2,25, maka luas kurva di dapatkan sebesar 0,0122

·         Untuk Xi = 159 (Interval Kelas 2)
 =  =  = - 1,5
Untuk niliai Z = - 2,25, maka luas kurva di dapatkan sebesar 0,0668

·         Untuk Xi = 162 (Interval Kelas 3)
 =  =  = - 0,75
·         Untuk Xi = 165 (Interval Kelas 4)
 =  =  = 0


·         Untuk Xi = 168 (Interval Kelas 5)
 =  =  = 0,75
·         Untuk Xi = 171 (Interval Kelas 6)
 =  =  = 1,5




KOEFESIEN VARIASI
           
               
               
               
Kesimpulan
                Dengan melakukan perumasan masalah yang berbeda sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa data yang diperoleh oleh setiap orang atau pun penelitian yang dilakukan melaluai mewancarai siswa dan data yang di inputkan berbeda sehingga dapat dirumuskan adala h nilai atau pun real dari data yang diperoleh oleh siswa berbeda beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar