Tugas akhir semester ganjil ajaran 2014/2015
sekolah smk ulumuddin
Tentang menghitungkan data dan penyebaran data
YANG DISUSUN
O
L
E
H
MUCHLIS
Yang dikoordidirkan oleh
Mr.didiafrianda
LEMBAR
AKTIVITAS
SISWA (LAS)

Kompetensi Dasar (KD) :
1.
Mendeskripsikan
data dalam bentuk tabel atau diagram / plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin di konfirmasi
Indikator
Terampil
menerapan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2.
Menyajikan
data nyata dalam bentuk tabel atau diagram / plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasi
Indikator
Terampil mengolah, menalar, dan menyajikan data dalam bentuk tabel
disrtibusi frekuensi secara kelompok.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
melalui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu Dengan proses mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat terampil menerapkan pengetahuan dan mengolah serta
menyajikan data dalam bentuk tabel daftar distribusi frekuensi secara kelompok
dan individu dengan baik.
APLIKASI STATISTIKA KE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pengumpulan,
Pengolahan dan Penyajian Data
Kelas
XII
NKPI SMK Ulumuddin Kota
Lhokseumawe terdiri atas 32 siswa. Lakukan kegiatan Pengumpulan Data, Pengolahan
Data dan Penyajian Data dalam bentuk
Tabel Distribusi Frekuensi.
1. Wawancarai
dan catat data teman sekelasmu tentang tinggi badan dan berat badan mereka
dalam tabel yang disediakan.
2.
Sajikan data dalam bentuk tabel data sebagai berikut :
No
|
Nama Siswa
|
Tinggi Badan
(cm)
|
Badan Badan
(Kg)
|
1
|
Irsyadul Ifkar
|
166
|
|
2
|
Junaidi
|
169
|
|
3
|
M. Arif Rizki
|
172
|
|
4
|
M. Faris Rifansyah
|
168
|
|
5
|
M. Hadzqi
|
165
|
|
6
|
M. Tri Sakti
|
169
|
|
7
|
Muammar
|
170
|
|
8
|
Muchlis
|
170
|
|
9
|
Muhammad Afdhal
|
169
|
|
10
|
Muhammad Iqbal
|
158
|
|
11
|
Muhammad Roni
|
167
|
|
12
|
Muhammad Suhaimi
|
159
|
|
13
|
Muksalmina
|
163
|
|
14
|
Reza Rolianda
|
165
|
|
15
|
Rhoni Ismunandar
|
168
|
|
16
|
Sayuti
|
160
|
|
17
|
Syahrul Akbar
|
160
|
|
18
|
T. Agus Maulana
|
168
|
|
19
|
Zainuddin
|
166
|
|
20
|
M.
Riski Maulidi
|
164
|
|
21
|
M.
Boyhaky
|
155
|
|
22
|
Mico
Abadi
|
159
|
|
23
|
Muchsalmina
|
161
|
|
24
|
Muhammad Fadel
|
161
|
|
25
|
Mukhsin
|
168
|
|
26
|
Musdar
|
165
|
|
27
|
Rahmat Fauzi
|
161
|
|
28
|
Reza Aulia
|
164
|
|
29
|
Riski Maulana
|
165
|
|
30
|
Shadrul Fuadi
|
170
|
|
31
|
Syamsil Mazhari
|
165
|
|
32
|
Syauqi Kamal
|
166
|
|
4.
Pegolahan Data yang kamu peroleh dengan langkah langkah
Langkah-langkahnya Penyajian Tabel Distribusi Frekuensi adalah
a.
Tentukan Jangkauan/Range adalah
selisih nilai data tertinggi dengan
dengan nilai data terendah.

J=(172-155) +1
J=18
b. Banyaknya
Kelas/ Banyaknya Interval (k)
Rumus
: K = 1 + 3,3 log n
K=1+3,3 log 32
K=1+3,3(1,5)
K=5,95 dibulatkan menjadi 6
Dimana n = banyaknya data
Bulatkan ke nilai terdekat.
c. Interval
Kelas atau Panjang Kelas
Rumus : p
=

P =18/6
P =3
1.
Sajikan data dalam Tabel Distribusi
Frekuensi
A.
Tabel
Distribusi Frekuensi Tinggi Badan siswa Kelas XII NKPI SMK Ulumuddin
No
|
Interval
|
Turus
|
Frekuensi
(fi)
|
Titik tengah
(Xi)
|
F kom
|
Fi.Xi
|
1
2
3
4
5
6
|
155-157
158-160
161-163
164-166
167-169
170-172
|
1
![]()
1111
![]() ![]() ![]()
1111
|
1
5
4
10
8
4
|
156
159
162
165
168
171
|
1
6
10
20
28
32
|
156
795
648
1650
1344
684
|
∑
|
|
|
32
|
981
|
97
|
5277
|
2.
Dari datamu yang disajikan dan
membandingkan dengan hasil kerja temanmu yang disajikan, kesimpulanmu adalah....
Berdasarkan data yang di imput berbeda sehingga hasil
atau jumlah pun berbeda , adapun perumusan masalahnya merupakan tinggi badan
dan berat badan , dan dari permasalahan tersebut telah dibagikan berdasarkan
kelompok yang berbeda , sehingga hasil dan data atau pun input data yang telah
diperoleh berbeda pula , namun penyesaiannya tetap lah sama
3.
Pengolahan data dan penyajian data
dengan variabel kedua, Berat Badan Siswa dan Tinggi bandan siswa sebagai
tugas perorangan.
4.
Selesaikan penyajian tabel distribusi frekuensi dengan
menghitung ukuran pemusatan data DAN UKURAN Penyebaran data dengan menggunakan aplikasi Exxel..
Ukuran Pemusatan Data
- Mean
Interval
|
Frekuensi
(fi)
|
Titik
tengah (Xi)
|
Fi.Xi
|
|
155
|
157
|
1
|
156
|
156
|
158
|
160
|
5
|
159
|
795
|
161
|
163
|
4
|
162
|
648
|
164
|
166
|
10
|
165
|
1650
|
167
|
169
|
8
|
168
|
1344
|
170
|
172
|
4
|
171
|
684
|
|
32
|
981
|
5277
|

![]() |
=164,906 dibulatkan menjadi 165
- Median
No
|
Interval
|
Frekuensi
(fi)
|
Titik tengah
(Xi)
|
F kom
|
Fi.Xi
|
1
2
3
![]()
5
6
|
155-157
158-160
161-163
164-166
167-169
170-172
|
1
5
4
10
8
4
|
156
159
162
165
168
171
|
1
6
10
20
28
32
|
156
795
648
1650
1344
684
|
∑
|
|
32
|
981
|
97
|
5277
|
Ketehaui
Tb 164-0,5 = 163,5
Fi = 10
fk = 10
n = 32
![]() |
Penyelesaian
K=6
P=3
Tb=164
– 0,5 =163,5
![]() |
Data ke I =16

=163,5+3

=163,5+3

=163,5+3

=163,5+

=163,5+1,8
=165,3 dibulatkan menjadi 165
- Modus
Interval
|
Frekuensi (fi)
|
|
155
|
157
|
1
|
158
|
160
|
5
|
161
|
163
|
4
|
![]() |
166
|
10
|
167
|
169
|
8
|
170
|
172
|
4
|
|
32
|

Penyelesaian
TB=164
– 0,5 =163,5
P =3
D=10
– 4=6
D2=
10-8=2
![]() |
![]() |
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |

Menentukan ukuran penyebaran data
Jangkauan
R = XMax
- XMin + 1
R
=172-155+1
R=18
Simpangan
Rata-Rata
RUMUS

Interval
|
Frekuensi (fi)
|
Titik tengah (Xi)
|
Fi.Xi
|
![]() |
Іxi-
![]() |
Fi. Іxi-
![]() |
|
155
|
157
|
1
|
156
|
156
|
164.9063
|
8,91
|
8,91
|
158
|
160
|
5
|
159
|
795
|
159
|
795
|
|
161
|
163
|
4
|
162
|
648
|
162
|
648
|
|
164
|
166
|
10
|
165
|
1650
|
165
|
1650
|
|
167
|
169
|
8
|
168
|
1344
|
168
|
1344
|
|
170
|
172
|
4
|
171
|
684
|
171
|
684
|
|
|
32
|
981
|
5277
|
|
|
5112.09
|


Simpangan baku
Interval
|
Frekuensi (fi)
|
Titik tengah (Xi)
|
Fi.Xi
|
![]() |
(xi-
![]() |
(xi-
![]() |
Fi. (xi-
![]() |
||
155
|
157
|
1
|
156
|
156
|
164.91
|
-8.91
|
79.32
|
79.32
|
|
158
|
160
|
5
|
159
|
795
|
-5.91
|
34.88
|
174.42
|
||
161
|
163
|
4
|
162
|
648
|
-2.91
|
8.45
|
33.79
|
||
164
|
166
|
10
|
165
|
1650
|
0.09
|
0.01
|
0.09
|
||
167
|
169
|
8
|
168
|
1344
|
3.09
|
9.57
|
76.57
|
||
170
|
172
|
4
|
171
|
684
|
6.09
|
37.13
|
148.54
|
||
|
32
|
981
|
5277
|
|
|
|
512.72
|



Jangkauan
Semi Interkuartil
JSQ =



Quartil
(Q)
No
|
Interval
|
Frekuensi (fi)
|
F kom
|
|
1
|
155
|
157
|
1
|
1
|
2
|
158
|
160
|
5
|
6
|
3
|
161
|
163
|
4(q1)
|
10
|
4
|
164
|
166
|
10(q2)
|
20
|
5
|
167
|
169
|
8(q3)
|
28
|
6
|
170
|
172
|
4
|
32
|
∑
|
|
32
|
97
|
Tp1 = 161 – 0,5 = 160,5
n = 32
FK = 6
fk1 = 4
p = 6
|
Tp2 = 164 – 0,5 = 163,5
n = 32
FK = 10
Fk2= 10
p = 6
|
Tp3= 167 – 0,5 = 166,5
n = 32
FK = 20
Fk3= 8
p = 6
|
Q1=TP1+
=160,5+
=160,5+(1,08)6=160,5+6,48=166,98


Q2=TP2++
=163,5+(0,55)6=163,5+3,3=166,8

Q3=TP3+
=166,5+(0,15)6=166,5+0,9=167,4

Jadi nilai Jangkauan Semi Interkuartil (JSQ)
=
adalah


(JSQ)
=
(167,4 –166,98 ) = 0,42= 0,21

Jangkauan
persentil
Jangkauan
persentil p90 –p10
Persentil
Interval
|
Frekuensi (fi)
|
F kom
|
|
155
|
157
|
1
|
1
|
158
|
160
|
5
|
6
|
161
|
163
|
4
|
10
|
164
|
166
|
10
|
20
|
167
|
169
|
8
|
28
|
170
|
172
|
4
|
32
|
|
32
|
97
|
Letak desil pi
=data ke 

Letak desil p10
=data ke
=3,2

Letak desil p90
=data ke
=28,80

Tp10 = 161 – 0,5 = 160,5
n = 32
FK = 6
fk1 = 4
p = 6
|
Tp90 = 164 – 0,5 = 163,5
n = 32
FK = 10
Fk2= 10
p = 6
|
Pi = Tpi + 

P10 = 160,5 +
= 160,5 – 6,5 =154

P90 = Tp90 +
= 163,5+ 1,98=165,48

Jadi nilai Jangkauan Persentil = P90 – P10 adalah P = 165,48 – 154 =11,48
Nilai
Standar (Z-Score)
Interval
|
Frekuensi (fi)
|
Titik tengah (Xi)
|
||
155
|
157
|
1
|
156
|
|
158
|
160
|
5
|
159
|
|
161
|
163
|
4
|
162
|
|
164
|
166
|
10
|
165
|
|
167
|
169
|
8
|
168
|
|
170
|
172
|
4
|
171
|
|
|
32
|
981
|
·
Untuk
Xi = 156 (Interval Kelas 1)



Untuk niliai Z = - 2,25, maka
luas kurva di dapatkan sebesar 0,0122
·
Untuk
Xi = 159 (Interval Kelas 2)



Untuk niliai Z = - 2,25, maka
luas kurva di dapatkan sebesar 0,0668
·
Untuk
Xi = 162 (Interval Kelas 3)



·
Untuk
Xi = 165 (Interval Kelas 4)



·
Untuk
Xi = 168 (Interval Kelas 5)



·
Untuk
Xi = 171 (Interval Kelas 6)



KOEFESIEN VARIASI




Kesimpulan
Dengan melakukan perumasan
masalah yang berbeda sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa data yang diperoleh
oleh setiap orang atau pun penelitian yang dilakukan melaluai mewancarai siswa
dan data yang di inputkan berbeda sehingga dapat dirumuskan adala h nilai atau
pun real dari data yang diperoleh oleh siswa berbeda beda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar